Rabu, 17 Juni 2015

"Ini" Kata Ajaib Media Massa

           Pernahkah tersadar dibenak kita, bahwa seringkali media massa, khususnya media cetak dan media online(elektronik) memakai kata "Ini" sebagai judul atau headline berita. Kata tersebut seperti mantera ajaib yang bisa menarik perhatian khalayak untuk membaca lebih lanjut isi berita tersebeut. walaupun terkadang antara judul dan isi beritanya tidak selalu berkesinambungan, tetapi kata "ini" tetap saja menarik perhatian. Mengapa bisa seperti itu?


  • Ciptakan rasa penasaran 
     Rasa penasaran adalah daya tarik yang paling memikat. Kita cenderung ingin mengetahui sesuatu jika hal tersebut membuat kita penasaran. Prinsip yang sama berlaku pada penulisan judul berita. Semakin judul tersebut menimbulkan rasa penasaran maka kemungkinan untuk dibaca oleh khalayak juga semakin besar.
Ada kalanya judul berita yang hanya menuliskan suatu rutinitas semata cenderung akan dilewatkan begitu saja. Beda halnya jika judul menampilkan sesuatu yang tidak lazim atau sesuatu yang fenomenal. Prinsip ini sejalan dengan menciptakan judul yang mampu membangkitkan rasa penasaran tadi.
  • Janjikan jawaban atau solusi terhadap suatu persoalan 
      Masyarakat biasanya mengonsumsi media massa guna mencari jawaban dari suatu persoalan. Persoalan ini bisa soal kehidupan sehari-hari, politik, sosial, budaya, ekonomi, dan seterusnya. Tugas jurnalisme adalah mencoba mencarikan jawaban tersebut bagi para pembacanya dalam melihat berbagai fenomena sosial tadi. Dengan menawarkan solusi atau jawaban tadi, minat khalayak untuk membaca berita yang Anda buat juga semakin terbuka.
Judul berita yang hanya berisikan deskripsi hanya akan menimbulkan kebosanan.


Contoh penggunaan kata "Ini" dalam Judul Berita


-Maria Diaz P_G.331.12.0052-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar