Pernahkah tersadar dibenak kita, bahwa seringkali media massa, khususnya media cetak dan media online(elektronik) memakai kata "Ini" sebagai judul atau headline berita. Kata tersebut seperti mantera ajaib yang bisa menarik perhatian khalayak untuk membaca lebih lanjut isi berita tersebeut. walaupun terkadang antara judul dan isi beritanya tidak selalu berkesinambungan, tetapi kata "ini" tetap saja menarik perhatian. Mengapa bisa seperti itu?
- Ciptakan rasa penasaran
Rasa penasaran adalah
daya tarik yang paling memikat. Kita cenderung ingin mengetahui sesuatu
jika hal tersebut membuat kita penasaran. Prinsip yang sama berlaku pada
penulisan judul berita. Semakin judul tersebut menimbulkan rasa
penasaran maka kemungkinan untuk dibaca oleh khalayak juga semakin
besar.
Ada kalanya judul
berita yang hanya menuliskan suatu rutinitas semata cenderung akan
dilewatkan begitu saja. Beda halnya jika judul menampilkan sesuatu yang
tidak lazim atau sesuatu yang fenomenal. Prinsip ini sejalan dengan
menciptakan judul yang mampu membangkitkan rasa penasaran tadi.
- Janjikan jawaban atau solusi terhadap suatu persoalan
Masyarakat biasanya
mengonsumsi media massa guna mencari jawaban dari suatu persoalan.
Persoalan ini bisa soal kehidupan sehari-hari, politik, sosial, budaya,
ekonomi, dan seterusnya. Tugas jurnalisme adalah mencoba mencarikan
jawaban tersebut bagi para pembacanya dalam melihat berbagai fenomena
sosial tadi. Dengan menawarkan solusi atau jawaban tadi, minat khalayak
untuk membaca berita yang Anda buat juga semakin terbuka.
Judul berita yang
hanya berisikan deskripsi hanya akan menimbulkan kebosanan.
Contoh penggunaan kata "Ini" dalam Judul Berita |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar